Selasa, 22 November 2016

Dari Diary Hingga Proses Pembuatan Buku

Foto saat saya memulai dunia blogging di tahun 2009

Sudah hampir 2 tahun saya memiliki blog dengan TLD (Top Level Domain) berakhiran .com. Waktu itu, saya memutuskan untuk mengubah ekstensi blog dari subdomain ke domain karena tergiur melihat prospek yang begitu besar di dunia blogging ini. Banyak tawaran review produk atau event di komunitas blogger yang mensyaratkan blog harus memiliki TLD.
Omong-omong, sebelum saya cerita lebih jauh, saya ingin mengatakan terlebih dahulu bahwa saya bukan ahli di bidang internet. Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Pengetahuan saya tentang istilah-istilah di dunia maya sangat terbatas. Sehingga teman-teman mungkin bakal banyak menemukan kata-kata yang kurang pas di bawah sana. Lalu kenapa saya sekarang menjalani aktivitas sebagai blogger dan memiliki 3 blog dengan TLD? Awalnya, berkecimpungnya saya di dunia internet hanya karena saya merasa penasaran dengan sesuatu, yang saya yakin, saya bisa melakukannya. Jadi di tahun 2009, mulailah saya membuat blog secara otodidak dengan hanya mengikuti panduan-panduan cara membuat website yang disediakan platform-nya. Waktu itu saya memilih platform dari blogspot.
Blog pertama saya www.yasmarinaful.com
Motivasi saya membuat blog awalnya hanya sebatas diary. Tugas saya sehari-hari sebagai full time mother rasanya butuh pelepasan. Namun di samping itu, ternyata saya pun menemukan banyak pelajaran. Nah, pelajaran-pelajaran ini yang ingin sekaligus saya sharing-kan melalui blog.
Seiring berjalannya waktu, media sosial semakin berkembang. Media sosial inilah yang kemudian menghubungkan saya dengan penerbit-penerbit papan atas. Ternyata kesukaan saya menulis di blog membuktikan bahwa saya memiliki kemampuan menulis. Jreng…jreng…dari situ jadilah saya seorang penulis yang berhasil menerbitkan beberapa buku.
Tentunya, saya tidak ingin dong perjalanan hidup saya sebagai penulis menguap begitu saja. Maka, sejak saat itu blog saya pun penuh dengan cerita perjalanan saya sebagai penulis. Cerita pengalamannya bisa di baca di sini.
Beberapa buku yang terbit
Cerita berlanjut. Dari yang awalnya blog hanya sekedar tempat curhat, semakin kesini terjadi pergeseran. Content blog menjadi obyek lomba atau dikenal dengan istilah Blogging Competition. Saya pun mulai tertarik mengikuti berbagai kompetisi blog tersebut. Aha, beberapa kompetisi berhasil saya menangkan dan saya pun semakin bersemangat. Beberapa tulisan saya yang menang ada di sini.
Sampai di situ kah perkembangan dunia blogging? Tidak. Mulai tahun 2015, sejak blog saya memakai TLD, beberapa pesan kerap masuk ke email saya. Tawaran menjadi influencer dan buzzer dari agen digital marketing mulai rutin berdatangan. Rupanya blog sudah menjadi lahan mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Para agen itu meminta saya untuk melakukan  product review, content writer hingga placement blog dengan besaran fee yang disepakati.
Keadaannya sekarang, blog pertama saya yang awalnya hanya berisi curhatan kini bercampur aduk dengan postingan yang bersifat iklan. Dari situ saya berpikir, mungkin kalau saya memiliki beberapa blog, saya bisa memanfaatkan untuk hal-hal lain yang lebih bersifat khusus. Istilah kerennya saya ingin membuat sebuah niche blog.  Blog dengan topik khusus. Kalau saya konsisten mengisinya, mudah-mudahan ke depannya bisa menjadi investasi. Lha,blog pertama saja yang waktu pertama bikinnya tidak kepikir kesitu, sekarang alhamdulillah bisa menjadi ladang penghasilan. Nah, mudah-mudahan blog-blog yang baru ini pun bisa lebih dari itu. Maka ketika Domainesia mengadakan promo domain ekstensi .net dengan harga murah, saya pun langsung membeli dua domain.

Saya memikirkan mau diisi apa kedua blog tersebut. Kebetulan, jauh di lubuk hati saya sebetulnya keinginan saya menulis buku tidak pernah hilang. Karenanya, blog-blog baru yang saya punya itu, saya rencanakan untuk memproses pembuatan buku.
Salah satu blog baru yang saya beli dari Domainesia yaitu blog  www.yas-marina.net ini. Dengan blog ini, saya ingin membuat website sendiri yang berisi tulisan-tulisan parenting. Saya ingin blog ini berisi pengalaman-pengalaman saya di dunia parenting. Jika artikelnya sudah terkumpul banyak, saya berharap bisa membukukannya. Olala, ternyata harapan saya terkabul lebih cepat dari yang saya kira. Seorang editor senior dari sebuah penerbit terkenal, Bhai Benny Rhamdani menawarkan program BlogtoBook, yaitu pendampingan penulisan buku melalui media blog. Tentu saja saya langsung menyambutnya. Alhamdulillah proposal saya diterima oleh beliau dan langsung mendapatkan proses pendampingan. Teman-teman bisa melihat prosesnya melalui tulisan-tulisan saya dengan label #BlogtoBook di http://www.yas-marina.net/search/label/BlogtoBook
Sampai saat ini, prosesnya baru sampai bab 2 dari 12 bab yang direncanakan. Saya sangat excited sekali dengan program ini sehingga ingin menuliskannya di sini. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar seperti yang saya harapkan. Doakan saya ya, Teman J

Itulah, perkembangan blogosphere yang berhasil saya amati seiring pergerakan saya di dalamnya. Ternyata jaman sekarang ini fungsi dan manfaat blog sudah berkembang pesat jauh dari saat saya memulai. Banyak harapan saya sandarkan pada keberadaan blog. Oleh karenanya saya berharap para pelaku di jagat blogosphere tetap menjadikan blog sebagai tempat yang nyaman untuk berkreasi dengan cara menggunakannya untuk hal-hal positif dan penuh dengan etika. Maka akibat baiknya akan kembali pada kita. 


~ Blogging Competition ini disponsori oleh Domainesia. Info Lomba di sini. ~



Alhamdulillah, tulisan ini masuk pemenang kategori "Honorable Mention"

17 komentar:

  1. keren mbak, tulisannya sangat menginspirasi buat saya yang masih males-malesan update blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat Mba. Sampai saat ini blogging adalah pekerjaan terbaik bagi saya sebagai ibu rumah tangga. Bisa dikerjakan di rumah dan bisa dapat penghasilan :)

      Hapus
  2. Aku punya buku mba yang Rasulullah is the best looooh

    BalasHapus
  3. amin ya mbak, semoga niche blog mbak jg berkembang & memberi informasi berguna bagi para pembacanya

    BalasHapus
  4. Semoga blog to book-nya berjalan lancar ya, mba. Dan good luck untuk lomba ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Iyaa, pengen banget bisa menghasilkan buku dari blog ini. Makasih ya :)

      Hapus
  5. aku juga sejak SD suka sekali mbak nulis di diary...sekarang hobinya jadi nulis di blog hehe

    BalasHapus
  6. Bener banget mba', dunia blog membuka berbagai kesempatan ya.. tinggal kita yang harus bisa memanfaatkannya. Sukses terus ya *aamiin

    BalasHapus
  7. Keren mbak, moga makin sukses ya dalam berkarya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan jejak :)